Jumat, 12 Februari 2010

Pesan Untuk menghadapai Ujian Kompetensi Dokter Indonesia : H minus 1 dan hari H

Dear friends, besok kan pada briefing UKDI yah, kali ini ujian kompetensi ga dilaksanain di kampus UNTAR tapi di UI depok, gabungan semua FK sejakarta. Untuk briefing besok, jangan lupa untuk :

Saat Briefing
1. Cek ruangan mana kalian akan ditempatkan, mengetahui medan peperangan adalah strategi penting, biar besok kalau datang kamu sudah ga nyari nyari ruangan lagi, tidak buat buang waktu.

2. Cek toilet mana yang terdekat dari ruangan kalian. once again it`s the matter of time. 200 soal dalam 200 menit berarti satu soal satu menit, sayang kan kalau kepotong 15 menit gara-gara kamu muter2 nyari toilet. Jangan lupa plan B, cari toilet terdekat lainnya in case saat itu toilet tersebut penuh.

3. Dengerin baik2 aturan2nya, what to do and what must not to do. Jangan sampai gara gara pelanggaran kecil trus kita didiskualifikasikan. ga lucu kan mesti tunggu 3 bulan lagi ikut UKDi yang semestinya kalian bisa lulus.

4. bawa KTP untuk verivikasi pengambilan kartu ujian. tidak boleh diwakilkan pengambilan kartu ujian.

H minus 1, Malam sebelum ujian :
1. Stop belajar!!! udah cukup kamu persiapan otaknya, saatnya kamu rileks biar otak dan otot kamu tidak tegang.
2. Persiapkan perlatan yang mesti dibawa besok. pensil penghapus dll. bawa pensil 2B jangan cuman satu, minimal 4 dan diraut tajam yah. sayang kan kamu kehabisan waktu gara-gara meraut raut pensilmu? setahu gw waktu g ujian tempat pensil jug ga boleh dibawa dalam ruang ujian jadi buat menampung 3 pensil, satu penghapus dan rautan dan satu bolpen selipkan aja dalam name tag kamu. KTP juga dibawa. Baju n sepatu yang mau dipakai besok juga disiapkan.
Jangan Lupa Jam tangan, buat ngitung waktu kamu kelamaan ga ngerjain soal-soal ujian.
3. Jangan lupa berdoa
4. tidur lebih awal, kurang tidur bikin konsentrasi kamu kurang. Apalagi sekarang uijannya di depok, kudu bangun lebih pagi buat nyampe ke tempat ujian.

Pagi Hari Ujian :
1. Mandi yo biar harum semerbak, bikin seger n otak kamu bangun ^_^
2. Jangan lupa sarapan secukupnya. Kamu butuh cukup glukosa karena otakmu akan bekerja keras memikirkan jawaban ujian. Tapi Juga jangan kebanyakan makan ntar sakit perut malah rajin ke belakang.
Sarapan dengan karbohidrat kompleks (oatmeal/havermout, roti gandum utuh) dianjurkan sebab dapat mempertahankan kadar gula darah lebih lama stabil. Segelas susu juga dapat membantu memberi rasa rileks (tapi yang alergi laktosa jangan yah minum susu kedelai saja)
Hindari minum teh atau kopi karena bersifat diuretik. ntar malah rajin ke toilet saat ujian.
3. Tiba di tempat ujian minimal setengah jam sebelum ujian dimulai agar perasaan kamu tenang, tidak stress duluan dan panik karena telat.
4. titipkan barang bawaan kamu yang tidak diperbolehkan masuk ruang ujian seperti tas/jaket/handphone
5. Kosongkan vesica urinaria mu sebelum masuk ruang ujian.
6. Masuki ruang Ujian dengan Perasaan Yakin dan percaya diri
7. Doa ( AGAIN??? YEs You DO!!!!)
8. Ikuti petunjuk demi petunjuk mengisi lembar jawaban. cek dan Ricek identitas kamu karena bisa FATAL, kalo ga lulus karena no peserta ujian atau kode soal salah kan ga LUCU!!!!
9. jangan mencatat soal di dalam ruang ujian, cukup diingat saja nanti catat di luar ruang ujian. ada pengalaman TS yang didiskualifikasi karena kedapatan mencatat soal kompetensi di bagian belakang kartu peserta ujiannya (so don`t do that).
10. kerjakan soal soal yang bisa kamu kerjakan dulu. ingat satu soal satu menit, jangan terlalu lama terpaku pada satu soal. kalau tidak bisa juga langsung saja kamu hitamkan pilihan yang paling kamu anggap benar untuk menghemat waktu. nanti jika ada waktu sisa baru dipikirkan lagi.
11. karena tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban yang salah, jawablah semua pertanyaan.
12. jangan mencontek ya. Selain waktunya juga ga cukup, walau mata kamu mata elang, belum tentu orang di sebelah kamu tipe soalnya sama.
13. akhiri Ujianmu dengan ucapan Syukur kepada yang Mahakuasa, sambil harap harap cemas menanti hasil UKDI


last word, i wont said "Good Luck" karena kelulusan kalian dalam ujian kompetensi bukan faktor LUCKY. I would say "Ganbatte Desu" like japanesse people, it means "DO YOUR BEST."
Semoga Lulus semuanya kali ini.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

...handry emang mantab kl kasi saran...lengkap abiezzzzz...

-eko-

Unknown mengatakan...

yUP mANTABS lHO

bait - bait puisi ala rusty mengatakan...

Dok di UI auditoriumnya cuman dikasi kursi saja, tidak ada alas buat nulis. mending bawa alas tulis masing2 yaaa

dr. Handry Carlos mengatakan...

@all thx u sudah berkunjung, makasih juga buat info tambahannya

Anonim mengatakan...

Okee bener tips ko kunyit!! Haha..
Doakan kami biar lulus smua ko han..
_grace_

dr. Handry Carlos mengatakan...

@salmon
sip d masi inget aja tu kunyit wkwkwk kapan2 g tulis d mengenai aib2 yg lain.