Jumat, 29 Juni 2007

Transportasi di/ke/dari JOgja

Untuk ke jogja ada banyak pilihan. Mau bawa mobil sendiri ato sepeda motor boleh aja asal kuat nyetir. Makan waktu paling kurang 8 jam yah. Mau pake pesawat murah juga kalo ga High season harga tiket bisa cuman no-pek-go (250rb), kalo sial-sial banget pas kena high-season yah skitar go-pek ceng (500rb) sampe lak pek ceng(600rb) lah tiketnya. Enaknya sih ya cepet cuman sejam nyampe meskipun seringkali pesawat ke jogja delay lamaaa sekali (waktu kita berangkat 2 jam lho ditunda). Kalo parno naik pesawat boleh aja naik kereta api dari gambir. Paling sekitar 4-5 jam dah nyampe di stasiun tugu. Ato pake jasa travel.

Trakhir yah tidak dianjurkan meskipun tidak dilarang (karena saya menjunjung hak asasi manusia) kalo mau pake taksi yo wis silahkan jika ngerasa terlalu kaya.

Di jogja sendiri, angkutan umum rada sulit. Bus maupun angkotnya itu dikit banget dan kalo udah lewat jam 7 malam kayanya gw ga pernah lagi liat ada bus di sini. So menyusahkan kalo ad panggilan malam. Paling enak yah kaya pas gw ada yang bawa mobil pribadi (thanks to Luciana). Kalo mau rental mobil di sini, gw denger dari nak trissakti waktu itu nyewa APV buat lima minggu sekitar 3 jt (Gas and driver not included).

Taksi adalah angkutan yang kurang dianjurkan juga di sini terutama buat yang kaga tau jalan. Kadang ga mao argo langsung bayar di muka. Kalaupun pake argo yah argo kuda ato jalannya diputer-puterin biar jauh. Becak paling banyak cuman di malioboro aja, di pesisir dah kaga ada. Kalo pake becak tawarlah dengan bahasa Jowo yang baik dan benar agar tidak dikira pendatang. Soalnya kalo dia tau kita turis wah abablas duite kita, ga bakal mau ditawar harganya. Sebagai gambaran harga waktu itu adik gw datang n naik dari ujung ke ujung malioboro tarifnya ditawar dapat 3000 rupiah (katanya bisa ditawar lagee jadi 2000 tapi kita ga sampe ati). Trus kalo di mallioboro naik becak yah jangan lupa pesen kalo kalian dah beli bakpia n ga mau kesana lagi (in case belon mau beli) soalnya pasti bakal digiring dulu ke kompleks bakpia sebelum diantar ke tujuan.

Motor di sini adalah raja jalanan. Jumlah motor di jogja lebih banyak daripada mobil (IMHO). Trus motornya juga nekat nekat, ga tau aturan, ga ada disiplin, smerawut, arghhhh!! Pokoknya bikin emosi-deg-deg-an, kalo kita hampir diserempet ato ga dikasih jalan ama motor brengsek. Meski demikian kalian boleh coba bermotor ria di jogja (asal tahan panasnya matahari siang di sini). Kalo sewa motor kata Mas penjaga kost ada di jalan Pasar Kembang (dekat malioboro) ato jalan parangtritis cuman katanya harus DP.2jt dulu di sana baru bisa nyewa. Untuk keselamatan saudara (dari kecelakaan dan polisi) gunakan helm yang menutup sampai di bawah telinga karena sering ada razia motor oleh polisi dan ada jangan lupa SIM dan STNK yang sah.

Buat tahu jalanan di jogja boleh pake peta jogja. Bisa ngambil gratis di Mirota Batik malioboro/kaliurang ato di pusat informasi turis di jalan malioboro juga. Jalanan di jogja rada Mbulet buat yang pertama kali ke sana karena banyak jalan melingkar ga jelas n jalan satu arah serta gang-gang kecil di sini ga ada di dalam peta. Selain itu kalo nanya arah jalan kepada penduduk asli sana pasti dijawab dengan ke timur, barat, utara, selatan. Kita awalnya binggung banget, hebat yah orang2 di sini; ada kompas yah dalam kepalanya. Setelah seminggu akhirnya kami tahu juga bahwa mereka memakai gunung merapi sebagai patokan. Jadi kalo kita menghadap ke merapi dari jogja berarti kita menghadap ke utara; Di sisi kanan kita adalah timur; sisi kiri adalah barat; dan belakang kita adalah selatan. Jadi RSUP dr.sardjito itu adalah barat dan fakultas kedokteran (gedung ilmu kedokteran forensik) ada di timur.

Tidak ada komentar: