Senin, 19 Maret 2012

Q & A : Obat Flu Yang Aman

Media_httpcbsdallasfi_xltwk

Q : Kalau Obat Flu yang aman apa dok? (Yuna~ Miliser Readers Digest Indonesia)

A : Obat flu yang beredar di pasaran isinya campuran beberapa macam obat. Biasanya ada campuran analgesik/antipiretik, anti alergi (difenhidramine), dan pelega hidung/dekongestan (pseudoefedrin).

Golongan obat yang saya sebutkan di atas dalam istilah medis disebut obat-obatan simptomatik, obat yang hanya meredakan/meringankan gejala penyakit, bukan menyembuhkan. Obat-obat tadi memiliki rentang keselamatan yang lebar. Maksudnya adalah diperlukan dosis obat tersebut dalam jumlah sangat besar sampai menimbulkan efek samping keracunan obat.

Saya ga boleh si nyebutin merk tertentu, ngelanggar kode etik saya. Lagian saya tidak terkait dengan farmasi tertentu. Secara umum jadilah konsumen yang cerdas.
1. Cek nomor registrasi POM obat tersebut, sebagai jaminan isinya tidak membahayakan.
2. Perhatikan tanggal kadaluwarsa obat, jangan sampai sudah lewat.
3. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan, kecuali atas petunjuk dokter.

Influensa atau common cold adalah penyakit yang sering terjadi dalam kehidupan kita sehari hari. Gejala mencakup sakit kepala, pegal2, bersin serta pilek. 90% penyebab influensa adalah virus. Virus influensa tidak perlu diberantas dengan antibiotik, kekebalan tubuh kita sendiri yang akan melawan virus. Jadi intinya influensa adalah self-limiting disease. Istirahat yg cukup dan perbaikan gizi akan membantu penyembuhan dan pemulihan.

1 komentar:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

thanks infox gan..
http://www.ramuanku.com/products.php?cid=13