Selasa, 31 Agustus 2010

Profilaksis Malaria

Bagi teman sejawat yang akan bertugas PTT di daerah endemis malaria, seyogyanya melakukan tindakan profilaksis dini agar jangan sampai di tempat tugas malah kita sendiri yang tewas kena malaria.

Namun harus diingat bahwa profilaksis dengan obat anti malaria tidak ditujukan untuk jangka panjang (>6bulan). Jika masa penugasan >6bulan bawalah kelambu dan/atau repellent lotion dan/atau kawat kassa sebagai perlindungan mekanis terhadap gigitan nyamuk.

Sehubungan dengan tingginya tingkat resistensi plasmodium falciparum terhadap klorokuin, maka Doksisiklin menjadi pilihan untuk kemoprofilaksis. Doksisiklin dapat diberikan setiap hari dengan dosis 2mg/kgBB selama tidak lebih dari 4-6 minggu. Doksisiklin tidak boleh diberikan kepada anak < 8 tahun dan Ibu hamil.

Kemoprofilaksis untuk Plasmodium vivax dapat diberikan klorokuin dengan dosis 5kg/kgBB setiap minggu. Obat tersebut diminum satu minggu sebelum masuk daerah endemis sampai 4 minggu setelah kembali. Dianjurkan menggunakan klorokuin tidak lebih dari 3-6 bulan.

Refrensi: buku pedoman pengobatan malaria, depkes, 2003.
Salam Sehat
dr.Handry
Follow my tweet : @h4ndry
my blog http://kodomu.blogspot.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Good point, though sometimes it's hard to arrive to definite conclusions